Jumat, 03 Agustus 2012

perjuangan saya masuk perguruan tinggi negri (uin) tahun 2012


awalnya saya gk nyangka bisa masuk uin.Saya hanya siswa biasa malah dikatagorikan bodoh di sekolah namun saya suka sekali pelajaran fisika, saya menduduki peringkat 35 di kelas 11 dan peringkat 25 ketika kelas 12 dari 40 siswa.Padahal waktu SMP sampai kelas 10 SMA saya termasuk siswa yang lumayan pintar,nilai-nilai mata pelajaran IPA(matimatika,fisika,kimia,biologi) lumayan bagus,namun ketika kelas 11 saya suka bermain game online yang membuat males belajar,sampai-sampai membuat saya lupa akan rumah,lupa akan aktifitas pergaulan dan saya jarang sekali mengerjakan tugas sekolah.Guru-guru disekolah mulai meragukan kemampuan saya.sejak saat itu saya bukan lagi siwa yang diperhitungkan disekolah.Ketika awal smester 2 kelas 12,saya mulai sadar UN semakin dekat,namun kemampuan saya masih belum meningkat dan saya pun belum belajar serius.Saya hanya berfikir apa yang harus saya lakukan?hanya berfikir saja dan tanpa ada tindakan nyata.Namun saya mempunyai cita-cita ingin membanggakan orang tua dan guru-guru saya,Pada awal bulan februai tepatnya 3 bulan sebelum UN,ada Pengumunan siswa-siswa yang berkesempatan menerima SNMPTN undangan,dan ternyta nama saya tidak tercantum,saya tidak termasuk siswa yang berkesempatan menerima SNMPTN undangan,hal itu membuat saya benar-benar merasa kecewa,betapa bodohnya saya,namun kesempatan belum berakhir msh ada SNMPTN tertulis ,Sejak saat itu.Saya mulai fokus untuk belajar, saya belajar dengan tekun,teman-teman saya yang pinter selalu saya jadikan tempat untuk bertanya, sampai-sampai mereka bosan ngeliat muka saya,ahahah :),detik-detik sebelum UN teman-teman saya malah bersantai-santai, bermain kartu dikelas,ngobrol-ngobrol ngalor ngidul,seakan-akan UN sudah pasti lulus,namun saya tidak mempedulikan mereka saya selalu belajar dan belajar,dan saya dapat mengerjakan soal UN dengan lancar,Pada tanggal 28 mei 2012 pengumuman Ujian nasional dan alhamdulilah saya lulus dengan hasil yang memuaskan.Setelah UN sudah tidak ada lagi aktifitas sekolah,ya boleh dikatakan saya sudah libur panjanngg,Tetapi perjungan saya belum selesai, saya harus mengikuti SNMPTN tertulis.Saya membandingkan soal SNNPTN tertulis dan soal UN,Ternyata soal SNMPTN tertulis sangat sulit, diabndingkan soal UN,saya sadar tidak akan mampu mengerjakan soal SNMPTN dengan kemampuan saya sekarang.lalu saya mengikuti dua bimbel sekaligus,untuk menambah kemampuan saya,setiap pagi saya les di NURUL FIKRI dan siangnya di Quantum, dan saya juga mengajak teman-teman saya untuk mengikuti bimbel namun teman saya tidak ada yang tertarik,mereka malah sibuk bersenang-senang,ya saya putuskan untuk ikut bimbel
sendirian, Sejak libur panjang saya menderita insomnia.. saya sangat menderita sekali harus bangun pagi,harus berjuang belajar ketika semua teman-teman saya sedang asik tidur menikmati libur panjang. tapi saya selalu ikhlas dengan yang saya perjungankan karna satu tujuan saya lulus PTN,siang harinya, setelah saya pulang les di NURUL FIKRI, langsung menuju ke Quantum untuk les kembali,ngntuk pun mulai mendera di siang hari,perut saya lapar karna tak sempat makan siang.Kadang saya tertidur ketika les di quantum karna sangat ngantuk akibat insomnia,membuat tidur saya tak teratur,tetapi saya selalu semangat, saya tidak pernah bolos les dan antusias mengikuti pelajaran di bimbel. Saya pulang les dari kuantum jam 7 malam.. badan saya sangat lelah,mata terasa ngantuk,perut saya sakit,kadang saya kehabisan ongkos,kehujunan,ban bocor,waw its really a big problem,but i am just do it,sampai rumah jam setangah 8 malam. saya langsung mandi dan makan,lalu sholat isya dan lanjut mengulang pelajaran yang dibahas di tempat les, setiap hari selama sebulan saya melakukan hal itu.Ketika saya konsultasi tentang perguruan tinggi saya di sarankan memilih UIN jurusan pend.fisika karna sesuai dengan hasil nilai Try Out .saya terima saran dari guru NF.snmptn pun semakin dekat persipan saya sudah 80%,saya sudah sangat siap mengikuti SNMPTN.tanggal 12-13 juni saya mengukiti SNMPTN tertulis,dan tgl 8 juli pengumuman SNMPTN TERTULIS.dan saya lulus di UIN jurusan pend.Fisika.Sehari setelah pengumuman SNMPTN saya membawa SOALnya ke NF dan melakukan Quick Count(perhitungan cepat hasil nilai saya)dan secara mengejutkan nilai saya mencapai 617, dan Grade fisika murni UNIVERSITAS INDONESIA adalah 600-625,saya sudah masuk dari batas nilai fisika murni UNIVERSITAS INDONESIA rtinya jika saya memilih UI saya berkesempatan diterima, namun saya sudah terlanjur memilih UIN dan tidak bisa lagi di ubah ,dan kemarin tgl 4 agustus 2012 saya juga lulus SPMB UIN dengan jurusan yang sma yaitu pendidikan fisika,saya telah lulus 2 ujian masuk perguruan tinggi negri yaitu lewat jalu SNMPTN tertulis dan SPMB UIN..KESIMPULAN= dengan niat dan kemauan pasti kita dapat mencapai cita-cita yang di inginkan, saya yang peringkat 35 dari 40 siswa bisa, bagaimana dengan teman-teman dengan peringkat yang lebih baik??? DONNY MUGIA PRAYOGA SMAN 64 JAKARTA, UIN SYARIFHIDAYTULLAH JKT jurusan pend.Fisika

2 komentar:

  1. emg bener don! semua butuh perjuangan. apa yang kita tabur itu yang kita tuai. kalimat dari Bu Ani

    BalasHapus